Asli Jasinga Yang Jadi KAPOLRI Pertama

 

Komisaris Jenderal (Pol.) Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo di Kampung Sawah (KECAMATAN JASINGA), Bogor, Jawa Barat, pada 7 Juni 1908. Ayahnya, Raden Ngabehi Martomihardjo, adalah seorang Asisten Wedana di JASINGA, BOGOR, sementara ibunya bernama Raden Ajeng Kasmirah. Keluarga Soekanto tinggal di lembah Sungai Cisadane yang subur. Soekanto dididik disiplin Barat oleh ayahnya dan ajaran Islam oleh budenya. la tumbuh menjadi pribadi yang kuat, tabah, teliti, dan tidak mudah menyerah.

 

Komisaris Jenderal (Pol.) Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo adalah Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri; dulu bernama Kepala Djawatan Kepolisian Negara) pertama, menjabat dari 29 September 1945 hingga 14 desember 1959.

Soekanto adalah mertua dari Sawito Kartowibowo, seorang tokoh yang namanya mencuat pada tahun 1976 dalam Perkara Sawito.

Soekanto diberhentikan Sebagai Kapolri pada tahun 1959 oleh Presiden Soekarno. Namanya diabadikan dalam nama sebuah rumah sakit di Jakarta, Rumah Sakit Polri Soekanto di Kramat Jati, Jakarta Timur.

sumber:

1. http://parakesatriapolri.blogspot.co.id/2012/01/mangga-lalijiwa.html

2. kalakayjasinga.blogspot.co.id

3. https://id.wikipedia.org/wiki/Soekanto_Tjokrodiatmodjo

 

 

 


Komentar
    Belum ada komentar..
Kirim Komentar
Pimpinan
Drs. Asep Aer Sukmaji, M.Si
Drs. Asep Aer Sukmaji, M.Si
Agenda Kegiatan
Statistik Pengunjung
  • Hari Ini : 46
  • Kemarin : 56
  • Total : 62994
Download